Saturday, December 17, 2011

Kefir Bening

Whey adalah serum susu yang diperoleh dalam proses pembuatan keju, setelah memisahkan kandungan casein (protein) dan lemak dalam proses koagulasi. Whey merupakan cairan bening kehijauan, yang dalam industri keju dan mentega (room butter), merupakan masalah karena bila dibuang ke lingkungan dianggap menimbulkan pencemaran.

Ada dua macam whey, yaitu whey yang manis (sweet whey), yang didapat dari proses pemisahan dengan enzim, dan whey yang asam, dimana pemisahan menggunakan asam dan telah terjadi proses fermentasi. Kefir Whey atau Kefir Bening termasuk yang kedua. dimana mempunyai pH bisa sampai 3,5, bergantung kepada lamanya proses fermentasi. Kadar asam laktat juga meningkat s/d 10 % dan dengan sendirinya kadar laktosanya turun sekitar 4 %.
Menyehatkan

Cairan whey ini mengandung laktosa, vitamin, protein dan mineral serta sedikit lemak. Pada tahun 2005, para peneliti di Universitas Lund, Swedia menemukan bahwa whey tampaknya menstimulasi sekresi insulin bagi penderita diabetes tipe 2. Satu tulisan di ‘American Journal of Clinical Nutrition’, menyebutkan bahwa suplemen whey dapat membantu mencegah kanaikan gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dengan meningkatkan sekresi insulin.

Protein Whey
Protein whey mempunyai efek antiosidan yang sangat kuat, karena meningkatkan kadar glutathione. Glutathione adalah suatu tripeptide yang berisi satu residu asam amino dari : asam, glutamat, cestin dan glisin. Glutathione penting untuk mencegah otot dari kerusakan akibat oksidasi.
Protein whey merupakan protein dengan nutrisi yang sangat bagus. Nilai biologis whey protein ini dapat digambarkan dalam perbandingan sebagai berikut :

No Nature of protein Biological value
--------------------------------------------------------
1 Whey protein 102
2 Protein dari telor 100
3 Protein dari susu 92
4 Protein daging 78
5 Casein 73
6 Protein dari kentang 69
7 Protein dari gandung 45

Protein whey ini dibuat suplemen kesehatan yang sangat bagus untuk meningkatkan kualitas otot para olahragawan, dan dijual dalam bentuk kapsul.

No comments:

Post a Comment